Sunday, November 9, 2014

Kamus Audio

Dalam mempercantik sebuah kendaraan pasti tidak lepas tanpa mengutak-atik sisi audionya, ada banyak cara memaksimalkan bagian yang satu ini, mulai mengganti HU (head unit), speaker, twiter, mid range, power dll, semua disesuaikan oleh kemampuan budget masing-masing, namun yang terpenting adalah disesuaikan kebutuhan selera dalam menikmati audio tersebut. Apabila kita mendatangi bengkel spesialis audio pasti kita akan diberi pertanyaan dasar oleh mereka tentang tujuan kita merombak audio agar dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebiasaan kita dalam menikmati musik sehari-hari, selanjutnya mereka bisa menentukan settingan audio yang cocok buat kendaraan kita,

Berikut sedikit pengetahuan kamus audio yang harus kita ketahui agar lebih pede memilih setting audio yang pas buat kendaraan: 

SQ itu singkatan dari Sound Quality artinya aliran yang mengutamakan kualitas suara di atas segalanya baik dari sisi kejernihan (clarity), kedalaman (depth), bayangan suara (imaging), tata panggung (soundstage) dll. Singkatnya aliran ini berupaya mereproduksi suara melalui perangkat yang ada seakurat mungkin sehingga mirip dengan aslinya.

SPL itu singkatan dari Sound Pressure Level yaitu aliran yang mengutamakan kekerasan suara di atas segalanya biasanya diukur dengan jumlah tekanan suara dengan satuan desibel (db). Singkatnya aliran ini berupaya mencapai db terbesar yang mungkin diperoleh dari perangkat yang ada

SQL singkatan dari Sound Quality Loud yaitu aliran yang berupaya menggabungkan kedua hal di atas yaitu kualitas suara dengan volume yang besar. audio itu untuk bisa nyaman dinikmati oleh karnanya harus pas dengan kebutuhan selera music.

Kualitas audio yang nyaman untuk dinikmati adalah audio yang bisa sesuai dengan kebutuhan selera musik pengendaranya, Maka bijaklah dalam bermodifikasi dan jadilah diri sendiri.






By Eko Yudo (ERCI - 0496)

0 comments:

Post a Comment